Gubernur Sumbar Raih Kembali Adhikarya Pangan Nusantara 2014

Posted on 31 00:00:00 Desember 2014 | by : Administrator | 1189 kali dibaca | Category: Berita Utama



 

Presiden Joko Widodo menyerahkan Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) kepada figur-figur yang telah berprestasi dalam pembangunan ketahanan pangan nasional pada tanggal 26 Desember 2014 di Sukamandi Subang Jawa Barat. Penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat tani dan aparatur yang telah bekerja keras dan berkontribusi nyata dalam upaya mewujudkan swasembada dan kedaulatan pangan.

Penghargaan APN yang dikoordinasikan oleh Dewan Ketahanan Pangan ini merupakan penghargaan bergengsi, karena untuk memperolehnya melalui proses panjang mulai dari verifikasi ditingkat kabupaten, provinsi, sampai ke tingkat nasional. Tim verifikasi melibatkan Tim Independen dari berbagai profesi seperti akademisi, aparatur pemerintah, profesional, organisasi masyarakat, dan pemerhati ketahanan pangan.

Penerima Penghargaan APN Tahun 2014 diberikan kepada 94 orang, yang diberikan dari 5 kategori, yaitu: 1) Pelopor Ketahanan pangan sebanyak 5 penerima dengan kriteria, 2) Pemangku Ketahanan pangan sebanyak 5 penerima, 3) Pelaku Pembangunan Ketahanan Pangan sebanyak 42 penerima, 4) Pelayanan Ketahanan Pangan, sebanyak 14 penerima dan 5) Pembina Ketahanan Pangan sebanyak 28 penerima terdiri dari: 8 Gubernur; 8 Bupati, 2 Walikota dan 10 Kepala Desa.

Untuk Provinsi Sumatera Barat sendiri, Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tahun 2014 ini juga diberikan kepada 4 orang, yaitu kepada Prof. DR. Irwan Prayitno,P.Si, MSC selaku Pembina tingkat Gubernur, Yoharman, S.Ag Kepala Desa Aia Manggih Kab. Pasaman selaku Pembina Tingkat Kepala Desa, KWT Melinjo Indah Kabupaten Pesisir Selatan selaku Pelaku Ketahanan Pangan / Pemberdayaan dan  Irma Mustika Huryati, Sp Kabupaten Pasaman selaku Pelayanan / Penyuluh Ketahanan Pangan. Pengahargaan ini merupakan penghargaan yang kedua kalinya diraih Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Selain kategori di atas, tahun ini juga diberikan Penghargaan Khusus berupa Pin Emas, kepada 4 Gubernur yang telah menerima penghargaan APN tiga tahun berturut-turut, yaitu Gubernur Sulawesi Selatan; Gubernur Jawa Barat; Gubernur Nusa Tenggara barat dan Gubernur Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Presiden selaku Ketua Dewan Ketahanan Pangan sekaligus mengundang para penerima Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara untuk hadir di Istana Negara pada bulan Januari 2015. Presiden berharap melalui pemberian Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara ini dapat memotivasi masyarakat untuk dapat bersama-sama dengan pemerintah mewujudkan ketahanan pangan nasional yang mandiri dan berdaulat. Melalui pembangunan ketahanan pangan nasional yang baik maka akan dihasilkan sumber daya manusia yang sehat, aktif, dan produktif.