Sekilas Info

Dinas Pangan Sumbar menerima kunjungan dari Dinas Ketahanan Pangan Prov. Banten. Anshori, (Kepala Bidang Keamanan Pangan) dan rombongan serta Biro Organisasi Prov. Banten datang dalam rangka study banding Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) (6-8 Desember 2017). Dinas Ketahanan Pangan Prov Banten telah memiliki kewenangan OKKPD, namun baru akan membentuk UPTD , dan di Provinsi Sumbar telah terlebih dahulu membentuk suatu UPTD yang memiliki kewenangan OKKPD yaitu Unit Pelaksana Teknis Dinas Balai Pengawasan dan Sertifikasi Mutu Pangan (UPTD-BPSMP) di Dinas Pangan Prov. Sumbar.

Rombongan Provinsi Banten melakukan kunjungan ke Manajemen Ritel penampung produk yang disertifikasi yaitu PT. Grafika yang menaungi Minang Mart. Dalam Kunjungan tersebut Prov. Banten tertarik dengan BUMD Prov. Sumbar yang mana PT. Grafika sudah berperan aktif dalam peningkatan ekonomi masyarakat dengan melakukan promosi dan pemasaran produk asli daerah terutama produk yang telah disertifikasi.

Selanjutnya, rombongan juga berkunjung ke pelaku usaha yang memperoleh sertifikat prima 3 diantaranya Banu Hampu – Bukittinggi (komoditi sayuran), Kamang Magek (komoditi Jeruk) dan Tilatang Kamang (Pelaku Usaha Register PSAT komoditi beras).

Dinas Ketahanan Pangan Prov. Sumbar sangat mengapresiasi para pelaku usaha pangan segar di Sumbar, karena pelaku usaha sudah sadar akan pentingnya keamanan pangan segar. Hal ini terbukti dengan sudah banyaknya sertifikat prima yang diterbitkan oleh UPTD-BPSMP Dinas Pangan Sumbar. “Nanti kami akan mengadopsi dan menerapkan hasil study banding ini di daerah kami,” ujar Anshori.

.