Sekilas Info

Padang, 15 September 2015

 
Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menghadiri Gelar Pangan Nusantara 2015 di Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Amran yang hadir pukul 09.15 WIB langsung disambut Tari Piring.

Selain Mentan Amran, hadir pula Pelaksana harian (Plh) Gubernur Sumbar Ali Asmar, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Gardjita Budi, dan Kepala BKP Sumbar Effendi.

Kepala BKP Kementan Gardjitan mengungkapkan, Gelar Pangan Nusantara 2015 di Padang ini merupakan kerja sama antara Kementan dan Provinsi Sumbar. Mengangkat tema Strategi Pengembangan Pangan Daerah Berbasis Sumber Daya Lokal, diharapkan Gelar Pangan Nusantara ini dapat mendukung kedaulatan pangan.

"Acara ini diselenggarakan ssebagai salah satu upaya untuk mendukung kedaulatan pangan dengan mengedepankan pangan lokal. Diharapkan masyarakat akan lebih mengapresiasi pangan dari daerah sendiri dan pentingnya pangan yang bergizi seimbang," ujar Gardjitan dalam Acara Gelar Pangan Nusantara di Lapang Tarandam, Padang, Selasa (15/9/2015).

Ia menambahkan, Gelar Pangan Nusantara ini diharapkan pula mendobrak ketergantungan masyarakat terhadap salah satu sumber pangan tertentu. Karena dengan mengombinasi sumber pangan, gizi masyarakat akan menjadi lebih seimbang.

"Ini agar kita tidak ketergantungan pada sumber pangan tertentu sehingga gizi menjadi lebih seimbang. Seperti pangan beras yang sangat ketergantungan. Dengan pangan lokal, diharapkan jadi sumber pangan lainnya," pungkas Gardjitan.
AHL

Sumber : Metrotvnews.com,

.