Sekilas Info

Padang, (AntaraSumbar) - Gelar Pangan Nusantara (GPN) yang diselenggarakan pada 15 sampai 18 September di Lapangan Terandam Padang, menarik minat masyarakat asal daerah dan kabupaten/kota sekitarnya.
 
"Hari pertama masyarakat umum yang datang mencapai 1000 orang. Juga ada 500 tamu undangan. Untuk hari ke dua kami perkirakan akan lebih banyak, kami menargetkan 1500 sampai 2000 pengunjung per hari," ujar Event Manager PT. Expotama Sinergi, Rina di Padang, Rabu, selaku pelaksana acara.
 
Ia menambahkan, acara tersebut diikuti oleh berbagai instansi di bidang pertanian dari 28 provinsi, 17 kota/kabupaten di Sumatera Barat, dan beberapa perusahaan di Indonesia.
 
Selain itu, GPN tidak hanya diperuntukkan bagi masyarakat umum, namun juga untuk pelajar dan mahasiswa.
 
"Untuk pelajar ada Wisata Pertanian. Kami lebih memfokuskan pada siswa SMK bidang pertanian dan mahasiswa untuk jurusan pertanian," ujar dia.
 
Melalui Wisata Edukasi tersebut, para pelajar dan mahasiswa dapat lebih mengetahui produk-produk olahan pertanian di berbagai wilayah Indonesia.
 
Bagi peserta GPN sendiri, acara tersebut menjadi ajang untuk memperkenalkan hasil olahan pertanian khas propinsi peserta.
 
Markus Saleh, perwakilan dari Propinsi Bangka Belitung melalui GPN memperkenalkan umbi lengkir yang dapat diolah menjadi tepung untuk dijadikan bahan baku pembuatan kue pengganti terigu pada masyarakat.
 

Sementara itu, Romi (59) seorang pengunjung dari Kabupaten Painan yang berprofesi sebagai petani mengatakan sengaja datang ke acara tersebut untuk memperoleh informasi dan mempelajari pengelolaan usaha pertanian.

sumber: sumbar.antaranews.com

.